Al-Hasan Al-Basri : "kalian tidak lebih dari sekumpulan hari-hari, setiap pergi satu hari, maka berarti pergi juga sebagian dari kalian" Rusdin

Kamis, 13 Juni 2013

Sejarah dan Asal Mula Wikipedia



Sekarang ini, hampir semua orang yang menghabiskan waktunya di internet pernah mendengar nama Wikipedia. Wikipedia sendiri adalah kamus atau ensiklopedia raksasa online yang bahkan digunakan oleh Google untuk informasinya. Tapi bagaimana asal mula dan sejarahnya hingga sebesar sekarang ini?
RINGKASAN SINGKAT
Wikipedia sebenarnya lahir dari sebuah proyek yang dikenal dengan nama Nupedia, yang didanai oleh Bomis.com, sebuah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Jimmy Wales, Michael Davis and Tim Shell. Jimmy Wales sendiri adalah pendiri dari Wikipedia.
Tapi jika kita membicarakan Wikipedia dan Nupedia, ada 1 orang yang berperan penting dalam pengembangannya di kemudian hari. Orang itu adalah Larry Sanger. Di tahun 2000, sesudah mendengar kata "ensiklopedia kolaboratif dan gratis", Larry menghubungi Jimmy untuk mengenal lebih dalam mengenai proyek tersebut. Jimmy akhirnya meminta Larry untuk memimpin seluruh proyek tersebut. Larry dan Jimmy mencetuskan ide untuk menggunakan teknologi wiki untuk mengembangkan Wikipedia.
Pada akhirnya, pengaruh dan kerja keras Larry digabungkan dengan visi Jimmy akhirnya menjadi salah satu proyek ensiklopedia paling sukses dan dermawan yang pernah diketahui dunia sekarang ini, yaitu Wikipedia. Berikut video singkat mengenai asal mula dan sejarahnya.
SEJARAH

Pada saat Nupedia didirikan pada tahun 2000, idenya adalah sebuah ensiklopedia online yang isinya ditulis oleh orang-orang ahli yang dicek kembali oleh orang-orang ahli tersebut. Tetapi ada masalah terkait atas hal itu, yakni lambatnya produksi. Tidak lama setelah berdirinya Nupedia, Jimmy Wales dan Larry Sanger memiliki ide untuk menggunakan teknologi wiki yang memperbolehkan orang untuk membuat dan memperbarui sebuah informasi, mereka menamakan proyek itu Wikipedia.
Dalam waktu 3 tahun, Wikipedia telah menghasilkan 20.000 informasi sedangkan Nupedia hanya 24 informasi atau artikel. Hal ini membuat Jimmy Wales terkejut dan merasa Wikipedia jauh lebih baik dibandingkan Nupedia, oleh karena itu ia mulai fokus untuk mengembangkan Wikipedia dan mengucapkan selamat tinggal ke Nupedia. Larry Sanger yang melihat hal ini, juga mendukung pengembangan Wikipedia tetapi ia melihat bahwa Wikipedia memiliki kelemahan dan akhirnya keluar pada tahun 2002.

Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia (Kiri) dan Larry Sanger, Mantan Pengembang Utama Wikipedia
Walaupun Larry Sanger keluar pada tahun 2002, ia tetap merupakan orang yang berperan penting dalam perkembangan Wikipedia. Ia adalah orang yang memimpin proyek awal Wikipedia bersamaan dengan Nupedia dan ia juga-lah yang mendirikan kebijakan-kebijakan awal terkait atas Wikipedia.
Kelemahan dari Wikipedia yang dilihat Sanger-pun muncul, yang dimana Wikipedia dilihat tidak memiliki kredibilitas terkait atas keakuratan informasinya.  Oleh karena itu-lah sejak awal didirikannya, Wikipedia telah memblokir banyak alamat IP karena informasi mereka yang melanggar kebijakan Wikipedia.
Walaupun begitu, dengan menggunakan teknologi yang memperbolehkan orang untuk membuat, memperbarui dan mendiskusikan sebuah artikel, Wikipedia telah menjadi ensiklopedia atau kamus online dunia yang paling besar sekarang ini.
WIKIPEDIA KE DEPANNYA