Al-Hasan Al-Basri : "kalian tidak lebih dari sekumpulan hari-hari, setiap pergi satu hari, maka berarti pergi juga sebagian dari kalian" Rusdin

Senin, 10 September 2012

CARA PENGGUNAAN DO DAN DOES



Penggunaan DO, DOES

Penggunaan kata DO kadang membingungkan karena selain sebagai kata kerja (verb) juga dapat sebagai kata bantu yang digunakan dalam kalimat tanya (interrogative) dan kalimat negatif (negative form), dan kadang-kadang dalam kalimat positif.

1.    Penggunaan DO/DOES
a.    Sebagai kata kerja.
DO tergolong kata kerja tidak beraturan (irregular verb) yang artinya mengerjakan atau  melakukan atau menyelesaikan. Bentuk verb2 dan verb3-nya berturut-turut adalah DID, dan DONE.
DO digunakan pada kalimat simple present tense jika subject-nya plural. Plural subject yang dimaksud adalah I, we, you, they, dan nouns yang dapat digantikan dengan I, we, you, atau they.

Contoh:
1.    I do my homework everyday. (Aku mengerjakan PRku tiap hari).
2.    They do their homework every week. (Mereka mengerjakan PRnya tiap minggu).

DOES adalah bentuk singular dari verb1 DO. DOES digunakan pada kalimat present tense jika subjectnya  singular. Yang dimasud dengan singular subject adalah he, she, it dan nouns yang dapat digantikan dengan he, she atau it.

Contoh:
1.    He does his homework everyday. (Dia mengerjakan PRnya tiap hari).
2.    She does house cleaning every other day. (Dia mengerjakan pembersihan rumah tiap dua hari sekali).
3.    My little sister does the dishes everyday. (Adikku (cewek) membersihkan piring-piring (dan alat makan lainnya) tiap hari).
4.    The washing machine is good. It does the washing very well. (Mesin cuci itu bagus.  Mesin cuci itu melakukan pencucian dengan  sangat baik= Mesin cuci itu  membersihkan pakaian-pakaian dengan sangat baik).

b.   Sebagai kata bantu
Sebagai kata bantu, DO dan DOES umumnya digunakan pada kalimat negatif dan kalimat  tanya dalam pola simple present tense, dan jika kalimat tersebut menggunakan kata kerja. DO digunakan jika subjectnya plural, sedangkan DOES digunakan jika subjectnya singular.
·     I/we/you/they + DO + not + verb1 + …
·     He/she/it + DOES + not + verb1 + …
·     DO + I/we/you/they + verb1 + …?
·     DOES + he/she/it + verb1 + …?
Contoh:
1.    He doesn’t do his homework everyday. (Dia tidak mengerjakan PRnya tiap hari). Di kalimat ini, does adalah kata bantu, sedangkan do adalah verb1.
2.    She doesn’t do house cleaning every other day. (Dia tidak mengerjakan pembersihan rumah tiap dua hari sekali).
3.    My little sister doesn’t do  the dishes everyday. (Adikku (cewek) tidak membersihkan piring-piring (dan alat makan lainnya) tiap hari).
4.    The washing machine isn’t good. It doesn’t do the washing well. (Mesin cuci itu tidak baik.  Mesin cuci itu tidak membersihkan pakaian-pakaian dengan baik).
5.    Do you go to school everyday? (Apakah kamu pergi ke sekolah tiap hari?)
6.    Do you love him? (Apakah kamu mencintainya?).