Al-Hasan Al-Basri : "kalian tidak lebih dari sekumpulan hari-hari, setiap pergi satu hari, maka berarti pergi juga sebagian dari kalian" Rusdin

Minggu, 16 Juni 2013

Jadwal Pendaftaran CPNS 2013 Dibuka Bulan Juni

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Azwar Abubakar mengatakan, penambahan formasi CPNS dari jalur umum untuk 2013 ini, hanya sebanyak 60 ribu yakni 40 ribu untuk daerah dan 20 ribu untuk instansi pusat.
“Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai 5 tahun ke depan,” ujar Azwar kepada wartawan di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (21/2).

Penerimaan CPNS masih dibatasi untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan organisasi. “Misalnya tenaga penyuluh pertanian, yang memang dibutuhkan dalam meningkatkan hasil pertanian, seperti beras, jagung dan lain-lain,” menteri asal Aceh itu.
Pemerintah sudah berancang-ancang membuka lowongan penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil) 2013. Jadwal pendaftaran CPNS 2013 ini rencananya dijalankan akhir Juni nanti.

Progres persiapan tes CPNS 2013 ini dipaparkan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasodjo.

“Kita sudah koordinasi dengan tim pengawas reformasi birokrasi nasional yang diketuai Pak Wapres,” katanya kemarin seperti diberitakan JPNN.


“Kemudian tes dijalankan akhir Juni. Kalau molor mungkin awal Juli,” tandasnya terkait informasi kapan jadwal pendaftaran CPNS 2013 akan dibuka.


Hasil konsultasi itu memutuskan moratorium atau peng hentian sementara rekrutmen CPNS baru dihentikan. Dengan demikian, tahun ini dipastikan akan dibuka lowongan penerimaan CPNS.

Terkait kuota CPNS 2013 ini Eko menjelaskan, kuota CPNS 2013 belum bisa ditentukan sekarang. Sebab, saat ini kuota di tentukan kebutuhan masing-masing instansi pusat atau daerah. Namun seperti pemberitaan hangat sebelumnya bahwa kuota CPNS 2013 mencapai angka 60.000 formasi seluruh Indonesia. Kuota ini enam kali lipat dibandingkan dengan kuota penerimaan CPNS 2012 yang lalu.


Saat ini masih proses pengajuan formasi CPNS baik pusat dan daerah. Usulan formasi CPNS ini terlebih dahulu masih di verifikasi pemerintah pusat sebelum dikeluarkan formasi final yang disetujui.

Namun untuk penerimaan CPNS 2013 pengangkatan CPNS Honorer K2 menjadi prioritas. Posisi pelamar umum hanya untuk kursi yang tidak memiliki kandidat di kelompok honorer K2. Penerimaan CPNS guru dan tenaga kesehatan tetap menjadi prioritas.

Hal penting lain yang perlu diketahui masyarakat adalah pada penerimaan CPNS 2013 ini nantinya direncanakan akan menggunakan ujian CPNS sistem CAT (Computer Assisted Test). Sistem CAT CPNS ini akan berbeda dengan sistem ujian tahun-tahun sebelumnya. Dengan CAT CPNS test CPNS akan dilakukan secara online melalui komputer.


Sistem CAT CPNS diterapkan untuk pertama kalinya di Indonesia pada ujian CPNS 2013 bulan Juni nanti khususnya untuk penerimaan CPNS Kementrian/Lembaga (tes CPNS pusat) dan sebagian pemerintah daerah provinsi.


Bagi calon pelamar CPNS 2013 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2013 nanti. Karena seperti tahun 2012 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2013 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.