Al-Hasan Al-Basri : "kalian tidak lebih dari sekumpulan hari-hari, setiap pergi satu hari, maka berarti pergi juga sebagian dari kalian" Rusdin

Rabu, 22 Mei 2013

Pendidikan dan Sumber Daya Manusia



Pendidikan dan Sumber Daya Manusia

(Education in Human Developing Index)




Oleh : Rusdin, S. Pd

(Guru Bhs. Inggris pada Madrasah Aliyah Negeri Kandai II Dompu)





Pendidikan dan SDM
Pendidikan merupakan terpenting untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (Human Development Index) di suatu daerah. Pendidikan juga merupakan suatu proses pembudayaan nilai-nilai, yang kemudian nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam bentuk kerja nyata di lapangan. Baiknya pendidikan maka baik pula Sumber Daya Manusia di suatu daerah, tapi pendidikan bukan satu-satunya pendukung masih ada juga yang lainya seperti meleknya kemampuan okonomi dan pelayanan kesehatan yang memadai. Pertumbuhan ekonomi tidak hanya digantungkan pada faktor modal semata, karena jika suatu saat modal menjadi langka maka yang terjadi adalah merosotnya pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya,. jika pertumbuhan ekonomi dibekali dan didukung oleh SDM yang berkualitas, maka pertumbuhan ekonomi dapat semakin membaik. Dalam ketenagakerjaan cukup tampak perbedaan antara orang yang berketerampilan atau mempunyai SDM berkualitas dan yang mempunyai SDM rendah. Orang yang mempunyai SDM tinggi umumnya memiliki jabatan yang lebih tinggi dan mampu mengolah dan menata lembaga yang di pimpinnya, karena mereka dianggap mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar dibandingkan orang yang mempunyai SDM rendah. Kemajuan suatu organisasi atau lembaga sangat ditentukan oleh orang-orang yang ada di dalamya. SDM berkualitaslah yang dimiliki oleh orang-orang yang berkependidikan cukup karena dalam proses pendidikan, seseorang dididik dan dibekali berbagai macam ilmu dan pengetahuan yang nantinya akan diterapkan saat terjun langsung di masyarakat.

Pendidikan Kita
Pada tanggal 2 mei kemarin kita telah merayakan dengan seksama acara upacara pelaksanaan untuk memperingati hari pendidikan nasional yang telah di cetus oleh bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara. Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 305/1959, Ki Hajar Dewantara dinyatakan Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya di jadikan Hari Pendidikan Nasional. Berbagai acara yang bersifat edukatif di helat sebelum pelaksanaan hari jadi pendidikan diataranya lomba gerak jalan, cerdas cermat, olah raga antar pelajar. Terlepas dari pelaksanaan perhelatan hari pendidikan diatas penulis ingin menyampaikan berbagai peristiwa yang terjadi sebelum dan sesudah hari pendidikan nasional diantaranya pelaksanaan pendidikan tahun ini di awali dengan carut marutnya Ujian Nasional mulai dari tertundanya jadwal pelaksanaan sampai pada tertukarnya soal, juga yang terjadi di daerah kita yang menuai pro dan kontra pelaksanaan kegiatan yang di helat oleh dinas pendidikan kabupaten Dompu lomba dangdut yang di peragakan oleh guru-guru dan lomba yang bersifat edukatif lainnya, sebagian pendapat yang kontra seperti yang di keluarkan oleh media cetak harian Inti Rakyat dan Koran Pagi merisaukan jadwal pelaksanaan tersebut karena pelaksaan lomba tersebut masih dalam suasana Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah bahkan Bupati Dompu menyampikan pada saat membuka acara malam pelaksanaan 2 mei di depan kantor Diknas Kab. Dompu mengatakan “ada juga sms yang masuk pada saya yang mengeluhkan jadwal pelaksaan tersebut”. Kendatipun demikian bupati mengatakan pelaksanaan itu sah-sah saja yang penting untuk meningkatkan dan memajukan pendidikan di Kabupaten Dompu dan untuk kedepan agar jadwal pelaksanaannya bisa di perbaiki lagi. Bagi yang pro mendukung perhelatan berbagai lomba tersebut karena lomba yang telah di peragakan itu merupakan hal yang sah saja dan bersifat edukitif karena dalam motto yang yang dimiliki oleh dina pendidikan Kab. Dompu sekarang ini yaitu 3 M : 1. Guru harus bisa Mengajar, 2. Guru harus bisa Mendidik dan 3. Guru harus bisa Menghibur.
Masalah lain bagi dunia pendidikan kita yaitu belum lagi tersendatnya dana operasional sekolah baik dari pusat maupun di daerah, banyak guru-guru honor yang gajinya telat dibayar bahkan sebagian sekolah saat ini mulai dari awal tahun 2013 hingga akhir bulan mei tahun 2013 belum juga terima gaji sama sakali. Setelah di berlakukannya UU wajib belajar 9 tahun secara nasional pemerintah kab. Dompu menggratiskan biaya pendidikan bagi peserta didik, sehingga sekolah tidak berhak memungut biaya pada wali murid karena sumber dana untuk operasional sekolah di bebankan kepada pemerintah.


Generasi dan Kurikulum Baru (Generation and new curriculum)
Daerah yang terkategori maju adalah daerah yang berhasil membangun sumber daya manusianya melalui pendidikan. Pendidikan adalah sunbangan yang terbesar dalam memajukan suatu daerah. Sebaliknya, bidang pendidikan adalah pintu keluar untuk menggapai mimpi kemajuan. Karenanya tantangan terbesar pemerintah hari ini adalah bagaimana  mengelola pendidikan dalam konsepsi yang matang yang di dukungan oleh dana besar, juga kemampuan pada tingkat operasionalisasi yang baik dan handal. Gonta-ganti kurikulum dalam rentang waktu tidak terlalu lama mengindikasikan bahwa pendidikan kita dalam masalah. Ketika ada masalah muncul, apakah sudah ada resep tepat untuk mengurai benang-kusutnya. Selain itu, apakah Sumber Daya Manusia (SDM) yang direkrut adalah dari komunitas yang memang memilih menjadi guru karena panggilan jiwa. Masalahnya di lapangan banyak pilihan yang mengedepan aspek taktis semata.   
Timbulnya permasalahan pendidikan yang selalu kompleks di dunia pendidikan saat ini karena letak geografis daerah di Indoesia cukup jauh dan kondisi alam yang tidak sama belum lagi meratanya penyediaan sarana dan prasarana yang memadai. Di hari iadi Dompu yang ke-198 pemerintah propinsi telah menggelontorkan dana bantuan Tambora menyapa dunia yang merupakan program Gubernur untuk memajukan pendidikan di Kab. Dompu sangatlah besar 49 M untuk bidang sarana dan prasarana dan untuk biaya operasional lainnya. Dan yang perlu di bangun yaitu sistim konektifitas atara pihak sekolah dan wali murid yang belum terjalin, selama ini hanya masih dalam tataran teori belum maksimal dalam pelaksanaannya. Padahal hubungan antara wali murid sebagai cikal bakalnya untuk mengetahui perkembangan peserta didik sangatlah penting. Masalah lain terkait masalah gaji sertifikasi para guru di sebagian daerah bahkan di Kabupaten Dompu masih ada miliaran rupiah dana sertifikasi yang tersendat di pusat. Dari hal-hal tersebut diatas akan menghambat perkembangan pendidikan di suatu daerah yang mengganggu konsetrasi perkembangan pendidikan.
Bagaimana dengan hasil kelulusan tahun ini, tepat pada tanggal 24 Mei 2013 pemerintah pusat yaitu Kementerian Pendidikan bahwa kelulusan tahun ini lebih rendah dari tahun sebelumnya yaitu 99, 79 % untuk tahun ajaran 2011/2012 untuk tahun ajaran 2012/2013 hasil kelulusan 99, 74 % dan rerata nilai UN lebih renda disbanding tahun kemarin, bagaimana hasil kelulusan di Kab. Dompu pada tahun ini Dompu masuk di urutan ke-2 dari 10 Kota/Kabupaten se-NTB dibawah Lombok Timur.

Kurikulum 2013
Kehadiran kurikulim 2013 yang akan diterapkan Juli depan merupakan indikasi bahwa pendidikan kita dalam masalah yang terus di up to date. Dengan cepatnya mengganti kurikulum akan membuat masyarakat kita kebingungan karena kurikulum 2013 masih dalam tahap konsep yang membutuhkan biaya besar, kemarin tertanggal 20 mei Kementerian Agama yang menaungi seluruh sekolah Agama seluruh Indonesia sudah mulai menyusun anggaran bersama anggota Komisi VIII DPR-RI sekitar Rp 300 Miliar walaupun pelaksanaan kurikulum 2013 akan di laksanakan pada tahun 2014 tapi tahap awal di tahun ini Kementerian agama akan melatih guru, perumusan pedoman penyelenggaraan dan penyusunan buku teks. Ada yang membangun pemikiran bahwa kurikulum 2013 akan gagal jika serentak dilaksanakan karena di pulau jawa pasti berbedah dengan NTB, NTT dan daerah lain di seluruh Indonesia, karena berbeda sangat amat mengenai sarana pendukung dalam penerapan kurikulum 2013, sebaliknya kurikulum 2013 merupakan konsep cerdas baru yang telah dirancang oleh para pakar pendidikan yang wajib di terapkan pada awal tahun ajaran baru mendatang pada bulan Juli depan. Tidakkah kita mengambil contoh di Negara-neraga tetangga seperti Singapura dan Malaysia perkembangan pendidikan yang jauh lebih maju dari kita, atau Negara yang paling maju pendidikan di dunia saat ini yaitu Negara Norwegia menurut survey mengalahkan Negara adi daya Amerika Serikat. Perkembangan pendidikan di sana di atas rata-rata di negera manapun di dunia saat ini.