Al-Hasan Al-Basri : "kalian tidak lebih dari sekumpulan hari-hari, setiap pergi satu hari, maka berarti pergi juga sebagian dari kalian" Rusdin

Sabtu, 09 November 2013

Sejarah MAN Dompu





Madrasah Aliyah Negeri Kandai II Dompu awalnya bernama Madrasah Aliyah Ar-Rahmah (MAA) di bawah Yayasan Ar-Rahmah yang berdiri pada tahun 1977. Dalam perkembangan selanjutnya, MAA ini mendapat perhatian pemerintah, maka diminta kepada Yayasan Ar-Rahmah untuk berjuang agar status madrasah tersebut naik menjadi negeri.
Madrasah Aliyah Ar-Rahmah (MAA) dibawah kepemimpinan Abd. Majid H.Djamaluddin, BA sebagai kepala MAA pertama berusaha untuk tetap eksis dengan upaya-upaya promosi yang cukup intens. Upaya-upaya untuk menghidupkan madrasah ini tidak hanya lewat masyarakat tetapi juga kepada pemerintah termasuk melalui lembaga legislatif.

Kehadiran Abd. Majid H.Djamaluddin, BA di kursi dewan memberikan peluang baginya untuk memperjuangkan MAA ini berubah status. Dengan adanya negosiasi dan upaya-upaya yang maksimal dari tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Dompu maka pada awal tahun 1980-an Madrasah Aliyah Ar-Rahmah (MAA) berubah status menjadi madrasah kelas jauh dari MAN Bima dengan nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bima Fillial Dompu.
Dengan adanya perubahan status MAA ke MAN Bima Fillial Dompu ini memberi peluang kepada Yayasan Ar-Rahmah untuk membangun lembaga pendidikan baru, sehingga berdirilah Sekolah Menengah Atas (SMA) Ar-Rahmah. Dengan munculnya SMA ini, maka dua lembaga pendidikan menengah berdiri dalam satu kompleks yakni di jalan Kakatua Bali Bunga Kel. Kandai II Dompu. Jadi enam local ruang belajar dengan satu kantor dibagi menjadi dua, Tiga lokal untuk SMA Ar-Rahmah dan 3 lokal untuk MAN Bima Fillial Dompu. Demikian juga satu kantor tata usaha yang semula hanya satu milik MAA dibagi jadi dua masing-masing untuk kantor TU SMA Ar-Rahmah dan kantor TU MAN Bima Fillial Dompu.
Dengan demikian telah berdiri dua lembaga pendidikan menengah atas di Jalan Kakatua Balibunga Kandai II kala itu yakni; MAN Bima Fillial Dompu yang dipimpin oleh Alwi M.Saleh, BA dan Sekolah Menengah Atas ( SMA) Ar –Rahmah yang dipimpin oleh H.Salman Faris, BA. Perpindahan Madrasah ini ke lokasi barunya seiring dengan adanyya perubahan status dari madrasah fillial menjadi madrasah negeri dengan nama MAN Kandai II Dompu menempati lokasi baru pada Juni 1991 bersama dengan MTsN, dan MIN Kandai II Dompu. Dan MAN Kandai II Dompu resmi menjadi madrasah negeri sesuai SK Menteri Agama RI No. 137 tahun1991 tanggal 11 Juni 1991. Dengan keluarnya SK tersebut, maka pada tanggal 11 Nopember 1991 tiga madrasah MAN, MTsN dan MIN yang berdiri satu lokasi di jalan Imam Bonjol resmi didefinitifkan sebagai madrasah negeri.
Perubahan status yang dimiliki MAN ini membuat pemerintah dalam hal ini Departemen Agama untuk mengangkat pemimpin baru di MAN Kandai II Dompu. Dan sejak tahun 1991 itu, MAN Kandai II Dompu dinahkodai oleh Drs. Burhanuddin MS (1991-1995), Drs. Dahlan HAR (19995-2001), Drs. Hisam HM. Natsir (2001-2009), Drs. Mokh. Nasuhi (2009-2010), H. M. Nur H. Ibrahim, S. Ag (2010-2012), dan Drs. H. Hasaruddin, M. Pd (2013- sekarang).