Al-Hasan Al-Basri : "kalian tidak lebih dari sekumpulan hari-hari, setiap pergi satu hari, maka berarti pergi juga sebagian dari kalian" Rusdin

Jumat, 25 Oktober 2013

Pengangkatan Tenaga Honorer K2 Dilakukan Tahun Ini dan Tahun Depan

      Pemerintah merencanakan pada tahun ini, pemerintah hanya akan mengangkat 109 ribu tenaga honorer kategori II (K2), atau yang pendapatannya tidak bersumber dari APBN/APBD. Sedangkan sisanya akan dilakukan pada tahun depan, yaitu 2014.
“Pengangkatan tenaga honorer kategori 2 (K-2) menjadi CPNS akan dilakukan dua tahap, yakni tahun 2013 dan 2014.  Untuk tahun ini, rencananya akan diangkat 109 ribu dari  yang lulus tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) pada tanggal 3 November 2013 mendatang,” kata Wakil Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras (PAN-RB) Eko Prasojo dalam percakapan dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (6/9).
      Adapun pelaksanaan tes, menurut Eko, dilakukan hanya sekali, tetapi yang lulus diangkat tahun ini dan tahun depan. “Selanjutnya tidak ada lagi cerita  tentang honorer,” tegas Eko.
Menurut Wakil Menteri PAN-RB itu, 109.000 orang tenaga honorer K2 yang lulus TKD itu akan diangkat menjadi CPNS bersama pelamar umum yang diterima. “Formasi untuk CPNS dari pelamar umum sebanyak 65 ribu. Untyuk pusat 25 ribu, dan untuk daerah 40 ribu,” tambahnya.   
Jadwal Tes
      Sebelumnya melalui Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar juga menyampaikan jadwal pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari tenaga Honorer Kategori II.
      Dalam lampiran I Surat Edaran itu disebutkan, pada Minggu ke-4 (empat) Agustus sampai dengan Minggu ke-3 (tiga) September, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengirimkan listing Tenaga Honorer K2 ke-33 Provinsi di seluruh tanah air. Selanjutnya, masing-masing instansi (Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota) pada bulan September akan menetapkan Tempat Tenaga Honorer K2, dimana tempat tes ini dipisahkan dengan tempat tes Pelamar Umum.
       Pada minggu ke-2 (dua) sampai dengan minggu ke-3 (tiga) Oktober akan dilakukan pemberitahuan dan penyampaian Nomor Tes Tenaga Honorer K2. Selanjutnya, pada 3 November, akan dilaksanakan Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) oleh masing-masing instansi (K/L, Provinsi, Kabupaten/Kota).
      “Pengumuman Kelulusan CPNS Tenaga Honorer K2 akan dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melalui website Menpan pada Minggu ke-1 (satu) Desember,” bunyi lampiran I Surat Edaran Menteri PAN-RB Azwar Abubakar itu. (Humas Kementerian PAN-RB/ES)